Hijrah : Momentum Perubahan Menuju Kejayaan Islam

0
128

Lumajang. Pagi hari diawal 1 Muharram 1440 H bertepatan dengan 11 September 2018 M tepat jam 07.30 WIB telah berlangsung Tabligh Akbar Muharram di halaman Pondok Pesantren Ad Dakwah Mambaul Hikam Suko- Lumajang.

Ratusan undangan yang hadir memenuhi tempat yang telah disediakan mengikuti acara di awal tahun ini dengan semangat dan penuh hikmat mendengarkan materi dan pesan-pesan yang disampaikan oleh Pemateri.

Acara diawali dengan Pembukaan oleh host Ust. Anang Maksum dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh 3 (tiga) santri-santriwati PP. Ad Dakwah Mambaul Hikam. Lalu, sambutan Pengasuh PP Ad Dakwah Mambaul Hikam yang diwakili oleh Ust. Ash’ari.

Materi pertama disampaikan oleh Ust. Nur Huda (Pengasuh Majelis Taklim Mambaul Hikam), tema Makna hijrah bagi kaum muslimin. Tahun baru hijriyah dihitung dari hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makah ke Madinah. Hijrah yang dilakukan Nabi SAW bermakna membawa masyarakat (umat) dunia dari jahiliyah menjadi berperadaban mulia dengan islam.

“Menurut para ulama secara syar’i hijrah adalah perubahan/keluar dari darul kufur menuju darul Islam,” papar ust. Nur Huda

Pemateri kedua Ust. Abd. Fattah beliau menyampaikan, momentum hijrah bisa dijadikan sebagai momentum perubahan menuju kejayaan islam. Di mana saat ini, di tahun-tahun politik sangat besar peluang untuk memahamkan kepada masyarakat bahwa semangat 1 Muharram adalah semangat perubahan dari kekufuran menuju Islam. Perubahan dari sistem jahiliyah menjadi sistem islam sehingga harapannya Islam rahmatan lil alamain nyata terwujud.

Mengakhiri acara awal tahun 1440 H ditutup dengan do’a oleh Ust. Abd. Mu’is dan foto bersama pemateri dan undangan. [et/hs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here